Blog

SEMINAR NASIONAL UNEXT 3.0 MEMBANGUN JIWA ENTREPRENEUR MUDA




  • Oct 26, 2017
  • Moh Minhajul

Semarang – Dalam serangkaian acara U-NEXT (Unnes National Expo of Technology) yang bertajuk Peran Pemuda dalam Bidang IPTEK untuk Generasi Akselerasi Bereputasi Internasional”, UKM RIPTEK Unnes telah mengadakan serangkaian acara sejak Agustus hingga Oktober 2017. Diawali dengan ajang Roller (Robo Line Follower) yang dilaksanakan pada 5 sampai 6 Agustus 2017 yang diikuti oleh para pelajar SMP dan SMA.

Serangkaian acara Unext tahun ini ditutup dengan seminar nasional bertema “Peran Pemuda dalam Membangun Jiwa Entrepreneur melalui Penerapan Teknologi menuju Indonesia Mandiri dan Kreatif”. Seminar ini dilaksanakan pada 22 Oktober 2017 di Gedung Prof. Satmoko Unnes dan dihadiri tak kurang dari 300 peserta. Pelaksanaan seminar ini dilatar belakangi oleh keprihatinan akan kondisi di Indonesia yang hanya memiliki 0,5% pengusaha. Padahal, untuk menjadi negara yang maju perekonomiannya perlu ditopang oleh pengusaha minimal 2% dari total penduduk di Indonesia. Ketua UKM RIPTEK, Dedi Priyatno menyampaikan bahwa banyaknya pengangguran dan PHK mendorong pemuda agar tak hanya mengandalkan “menjadi karyawan” sebagai pekerjaan, tetapi mulailah berwirausaha.

Seminar Nasional Entrepreneurship ini menghadirkan dua entrepreneur muda, yaitu Elsana Bekti Nugroho (23), merupakan owner svaloka.id dan Rico Huang (22) yang merupakan seorang digital marketer serta penulis buku. Materi yang dibawakan pada seminar kali ini adalah How to build your entrepreneur’s mindset, dan bagaimana cara mengoptimalkan pemasaran berbasis internet.

 

Koordinator Bidang Minat dan Teknologi yakni Bapak Wirawan Sumbodo dalam sambutannya beliau menegaskan “perang saat ini ialah perang penguasaan teknologi, sebab lapangan pekerjaan di instansi kian menurun, yang berkembang saat ini ialah usaha yang memanfaatkan teknologi.”

Sementara pembicara pertama seminar, Elsana Bekti memaparkan dalam memulai berwirausaha, harus menghilangkan kata tidak bisa, tidak mau dan tidak mampu. Tanamkan bahwa Your business is your passion. Wirausaha adalah passion, yang membutuhkan pelakunya untuk “positif thinking”.

Sedangkan pembicara kedua yaitu Rico Huang, dalam pemaparannya menyampaikan bahwa goal dari seorang entrepreneur bukanlah “menjadi kaya” akan tetapi memiliki “time and financial freedom”. Rico menegaskan, kemajuan teknologi saat ini memberikan peluang bisnis yang besar, di mana untuk memulainya tidak perlu lagi memikirkan bagaimana sewa kios, bagaimana mencari etalase, bagimana menyetok produk di gudang dan sebagainya. Sebab kuncinya adalah pada marketing berbasis internet (online) baik lewat facebook ataupun instagram.  

Harapannya melalui seminar nasional entrepreneur ini peserta (yang didominasi para pemuda) kelak mampu menjadi wirausahawan yang sukses melalui penerapan teknologi, sehingga mampu mewujudkan Indonesia yang mandiri dan Kreatif.