Blog

Tim Robotika UNNES Siap mengikuti Kontes Robot Indonesia




  • Jul 05, 2017
  • admin

RABU, 5 JULI 2017, Tim Robot KRSBIB siap mengikuti kontes robot indonesia tingkat nasional di Universitas Pendidikan Indonesia , Bandung. Kontes Robot Nasional merupakan kontes robot tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. tujuan diadakanya kontes robot tersebut sendiri adalah untuk memajukan teknologi robotika di indonesia. dalam kontes robot tersebut terdapat 5 divisi yang dilombakan yaitu (KRSBI Humanoid, KRSBIB, KRSTI, KRPAI, KRAI).

Sebelum berangkat dalam kontes robot Nasional tersebut Tim Robotika UNNES dilepas oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Dr Bambang Budi Raharjo.

Pada saat berpamitan dengan Bapak Dr Bambang menyampaikan,”Tetep semangat kerja keras dan berdoa supaya memperoleh hasil yang diharapkan”.

 Robot ini menggunakan sistem aplikasi berbasis Android dengan memanfaatkan kamera smartphone yang dipasang pada robot untuk mendeteksi bola dengan tambahan sistem navigasi kompas yang ada di dalam Android untuk mengetahui arah gawang lawan.

Cara kerja dari robot ini adalah mengejar bola dengan mendeteksi warna pada bola kemudian robot akan menuju arah gawang lawan dengan sistem navigasi kompas dan scaning warna gawang, ketika nilai terpenuhi maka dengan secara otomatis robot tersebut menendang ke arah gawang lawan. Keunggulan robot dari yang sebelumnya robot ini sudah bisa melakukan drible pada bola, sehingga bola dapat dikendalikan lebih baik , selain itu dapat menentukan posisi gawang lawan lebih baik.

Tim ini terdiri dari M Syahdan Maulana, M Ainul Fikri, Hafid Prasetyo, Oky Putra Pamungkas, Jahidin, Arindi Imanindi, Aldi Nugroho Setyo P, Moh Minhajul M dan Rizki Danang Kartiko K.

Source : http://unnes.ac.id/berita/tim-robotika-unnes-siap-ikuti-kontes-robot-indonesia/