Blog

Era Big Data Untuk Revolusi Indonesia Sejahtera




  • Apr 17, 2017
  • admin

“Siapa yang menguasai data dan informasi maka dialah yang akan  menguasai dunia”. Ungkapan tersebut sangat tepat untuk menggambarkan kondisi dunia internasional saat ini yang mana data dan informasi menjadi poin penting dalam semua aspek kehidupan. Mengingat zaman sekarang adalah eranya data. Semua bidang di kehidupan ini menghasilkan data. Ada lebih dari 7 miliyar penduduk di dunia dan setiap dari mereka menghasilkan data setiap harinya. Dari data informasi diri seperti nama lengkap, usia, pendidikan, keuangan, kesehatan, dll.

Di era internet saat ini sering kali kita menghabiskan waktu kita seharian di internet, baik itu sekedar berselancar di internet maupun aktifitas – aktifitas lain di sosial media baik itu update status, upload foto maupun berkomentar di dunia maya. Namun sadarkah kita ketika kita sedang melakukan aktifitas kita di internet sebenarnya apa yang kita lakukan saat itu sedang di analisa oleh perusahaan – perusahaan besar di luar sana. Kemudian siapa yang mendapat manfaat dari data tersebut ? tentu saja meraka yang mengelola data kita, melalui postingan kita di sosial media mereka bisa tahu apa hobi kita apa dan apa yang kita inginkan. Bahkan ketika kita sedang berjalan – jalan membawa handphone kita mereka bisa tahu dimana posisi kita dan melalui data – data kita sebelumnya mereka bisa dengan mudah menganalisis kemana kita akan pergi.

Hampir semua perusahaan besar saat ini sudah menggunakan big data analytic dalam kegiatan mereka. Menurut  Michael Palmer dalam postingannya “Data is just like crude[oil]. It’s valuable, but if unrefined it cannot really be used.” Yang berarti menurut michael palmer data itu seperti minyak mentah yang sangat berharga dan data baru bisa bermanfaat atau berguna ketika data tersebut dianalisis dan di olah menjadi informasi.

 Kemudian bagaimana pemanfaatan big data di indonesia ? indonesia adalah sebuah negara besar yang memiliki beraneka ragam suku dan budaya, selain itu dari segi alam indonesia memiliki banyak sekali kekayaan hayati dan hewani. Dari segi geografis indonesia juga adalah negara kepulauan yang memiliki wilayah daratan dan lautan yang luas. Tentu saja semua itu adalah kekayaan dari indonesia, keanekaragaman tersebut merupakan data mentah yang siap diolah  dan dianalisis. Banyak sekali potensi – potensi yang tersembunyi di indonesia.

Dari segi kependudukan pun indonesia mempunyai penduduk yang cukup banyak. Ada lebih dari 254 juta penduduk di indonesia yang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Data – data tersebut merupakan potensi kekayaan indonesia. Perlu adanya riset yang mendalam untuk menggali potensi – potensi tersebut mengingat banyak dan kompleksnya data di indonesia.

Big data sendiri sudah mulai berkembang di indonesia, komunitas – komunitas yang membahas big data di indonesia sudah mulai bermunculan. Dan ternyata sudah banyak sekali pelaku – pelaku big data di indonesia dan jika mereka semua dikumpulkan kita bisa membuat sesuatu yang besar. mereka Para komunitas dan pelaku – pelaku big data di indonesia sendiri sebenarnya adalah para motor penggerak big data untuk revolusi indonesia sejahtera.

Melihat dari potensi indonesia sendiri sebenarnya indonesia adalah sebuah negara yang sangat kaya dan memiliki potensi yang sangat besar untuk menjadi negara maju. Dari sisi ekonomi sendiri indonesia diproyeksikan bisa menjadi 7 terbesar di dunia. Namun untuk meraih tujuan dan cita – cita tersebut indonesia juga masih mempunyai problem – problem yang harus diselesaikan. Kita punya problem infrastruktur, pertanian, perikanan, transportasi dan mungkin juga masih banyak problem – problem di bidang pemerintahan yang harus diselesaikan.

Masih banyaknya problem – problem yang belum terselesaikan di indonesia menyebabkan terhambat pula proses pembangunan di indonesia. Jika kita melihat negara tetangga kita negara singapura. Mereka adalah negara maju mereka bisa mengumpulkan profesor – profesor dari seluruh dunia untuk meyelesaikan masalah yang berkaitan dengan big data. Kenapa kita tidak bisa melakukan yang seperti itu ? indonesia punya banyak SDM, punya banyak profesor, indonesia punya banyak praktisi yang ahli di bidangnya. Selain itu indonesia juga punya banyak perusahaan – perusahaan besar yang mengolah dan menyediakan big data untuk indonesia seperti telkom, telkomsel dan lain sebagainya.

Perlu adanya peran aktif dari para pelaku big data indonesia untuk kesejahteraan indonesia. Indonesia adalah sebuah negara besar, punya hutan yang luas, bahkan bisa dikatakan indonesia adalah termasuk salah satu negara yang memiliki data yang paling besar di dunia. Yang perlu kita lakukan adalah ikut berperan aktif   bertemu, bersinergi dan saling berinovasi untuk kesejahteraan indonesia. Sudah bukan saatnya lagi kita hanya menjadi objek data untuk kepentingan negara – negara lain. Sekarang adalah saatnya kita untuk menjadi subjek data dan kita lah yang akan mengelola data. Karena mereka yang menguasai data dan informasi merekalah yang akan menguasai dunia.